Berapa Biaya Umroh Termurah 2021 dan Berapa Juta Total Harga Umroh yang harus dipersiapkan untuk tahun ini ?

Biaya Umroh Murah Alhijaz,
Wujudkan Impianmu Pergi Ke Baitullah

Biaya umroh adalah pertanyaan yang paling sering disampaikan oleh calon jamaah, setelah mereka memahami dan mengetahui jenis-jenis paket umroh yang ditawarkan dan detail tentang fasilitas umroh yang akan didapat.

"Berapa Biaya Umroh untuk 2 orang paket umroh promo?", atau

"Biaya umroh reguler tahun ini untuk 2 orang berapa juta ya Mbak?"

Sebelum Anda bertanya tentang berapa total harga ongkos umroh yang harus dibayarkan, ketauhilah apa saja yang menjadi komponen yang mempengaruhinya?

    Daftar Isi :
  1. Biaya Umroh Murah, Umroh Jadi Mudah
  2. Biaya Umroh Tahun ini
  3. Berapa Biaya Umroh Minimal, dan Apa Saja Komponennya?
  4. Perbandingan Harga Umroh Tahun ke Tahun
  5. Istilah Paket Umroh Alhijaz
  6. Tips Mengumpulkan Biaya Umroh
  7. FAQ
  8. Berapa Biaya Umroh 2021, dan Perkiraan Kenaikannya

Berapa biaya umroh sekarang, akan ditentukan oleh beberapa faktor yang terkait dengan pelayanan pada suatu paket umroh seperti, fasilitas kamar hotel, jenis penerbangan direct atau transit flight, dan paket regular atau paket plus.

Kami berprinsip bahwa setiap Muslim yang akan pergi ke Tanah Suci, pasti sudah berniat untuk melakukan ibadah umroh. Maka sudah selayaknya bagi kami sebagai Pelayan Tamu Allah, memberikan segala kebaikan dan kemudahan kepada Anda untuk dapat merencanakan perjalanan umroh dan mempersiapkan biaya umroh yang sebaik-baiknya.

Karena “Sesungguhnya tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan”.

Simah Video berikut :

Apakah yang merupakan Sedekah tertinggi dan paling berharga?

Biaya Umroh Tahun ini

Paket Umroh 2020DurasiHargaHotel
Umroh Plus Turki 10D1024,90 Jt⭐3
Umroh Plus Turki 12D1227,30 Jt⭐4
Umroh Plus Dubai1024,50 Jt⭐3
Umroh Plus Thaif1024,50 Jt⭐3
Umroh Promo922,70 Jt⭐3
Umroh Reguler924,80 Jt⭐4
Umroh Desember Akhir927,40 Jt⭐4

Berapa Biaya Umroh Yang Harus Dipersiapkan ?

Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli paket umroh dengan biaya yang sangat murah, sebaiknya dipahami apa saja yang menjadi Komponen Biaya Paket Umroh :

1. Komponen Utama Biaya Umroh

  • Biaya Hotel & Akomodasi

Perlu dipahami bahwa biaya hotel yang dibebankan kepada jamaah akan tergantung pilihan hotel bintang 3,4, atau 5.

Perbedaan kelas hotel tersebut biasanya ditentukan oleh jarak hotel ke pusat ibadah, yaitu Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Dimana tentunya biaya umroh hotel bintang 5 pasti lebih mahal dibanding yang lain

Semakin dekat hotel ke masjid, maka biayanya akan semakin mahal.

Dalam musim umroh liburan (high season) seperti pada akhir tahun (Desember), pilihan Hotel Bintang 3 biasanya dapat dikenakan tarif hotel rata-rata sebesar Rp.800 ribu sampai dengan 1 juta per malamnya. Dan untuk paket Hotel  Bintang 5 dapat mencapai Rp 1,5 – 2 Juta per malam. Biaya hotel tersebut lebih mahal sekitar 30%-40% dibandingkan jika ibadah dilakukan pada saat low season.

Ongkos Umroh untuk Akomodasi hotel tersebut tentunya akan semakin mahal apabila ibadah umroh dilakukan di bulan Ramadhan, dimana minat masyarakat semakin tinggi dan ketersediaan kamar hotel semakin terbatas.

  • Biaya Tiket Pesawat

Harga Umroh juga dipengaruhi oleh harga tiket penerbangan, dimana sangat tergantung dengan waktu dan jenis tiket yang akan dibeli. Pada musim low season biaya tiket Pulang Pergi Jakarta-Mekkah dengan maskapai luar negeri dapat mencapai sebesar 9 Juta rupiah. Untuk kalangan backpacker, biasanya mereka memburu harga tiket promo yang yang dapat diperoleh dengan biaya 7,5 juta untuk rute pulang pergi.

Kontribusi dari 2 komponen biaya tersebut diatas, biasanya sebesar 35%-40% dari total keseluruhan biaya yang dihabiskan, atau berada pada kisaran biaya sebesar Rp. 12-15 juta pada jenis paket umroh regular low season.

2. Biaya Visa dan Asuransi

  • Biaya Visa Umroh (update September 2019)

Pada bulan September 2019, pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan kebijakan pajak atau Biaya Visa Umroh  terhadap semua jamaah umrah dan haji. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap biaya umrah dan haji.

Pemerintah Saudi awalnya hanya mengenakan pajak progresif pada jamaah yang beribadah umrah lebih dari satu kali dalam kurun waktu 2 tahun.

Namun kini pemerintah Saudi juga mengubah sistem visa yang berdampak pada tarif tambahan yang dikenakan kepada jemaah. Untuk perubahan sistem tarif ini setiap jemaah umroh akan dikenakan biaya tambahan sekitar 300SR (Rp.1.200.000,-).

  • Biaya Asuransi (update Januari)

Biaya tambahan Asuransi Umroh mulai diberlakukan pada bulan Januari 2020. Biaya ini mempengaruhi besarnya biaya paket umroh yang ditawarkan kepada jamaah sebesar Rp.750.000,-.

Dengan dilengkapi Asuransi Umroh, maka kamaah akan ter-cover pelayanan kesehatan selama 24 jam di Tanah Suci, hal ini untuk mengantisipasi apabila terdapat jamaah yang membutuhkan bantuan medis. Provider Asuransi umroh ini ditunjuk oleh Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia.

Untuk kedua jenis biaya diatas, minimal Anda harus mempersiapkan biaya tambahan sebesar Rp.2.000.000,-

3. BIAYA PENDUKUNG PAKET PERJALANAN UMROH

Biaya Perlengkapan dan Penyelenggaraan Manasik Umroh

Sebelum keberangkatan umroh, pihak travel akan memberikan pemantapan manasik, baik dilakukan 1-2 minggu sebelum jadwal keberangkatan, dan dapat juga diulang pemantapan manasik ketika berkumpul di bandara tepat menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

Untuk menunjang program manasik umroh, maka akan dipersiapkan LCD proyektor + screen untuk menyampaikan secara visual materi manasik umroh kepada jamaah.

Biaya Handling
  • Handling Bandara

Setiap kedatangan di Airpot Jeddah ataupun Madinah, Jamaah tidak perlu lagi mengurusi koper atau tas yang diturunkan dari pesawat. Seluruh proses handling akan dilakukan oleh tim handling dan porter bandara.

Sehingga setelah melalui proses imigrasi, maka jamaah akan langsung diantar menuju bus. Biaya Handling Bandara termasuk pada saat kedatangan maupun kepulangan,  dan sudah termasuk dengan tipping porter baik.

  • Handling Hotel

Tim handling hotel bertugas melakukan check-in hotel dan memeriksa ketersediaan dan kesesuaian kamar berdasarkan roomlist dari jamaah. Disamping itu, tim handling akan memastikan kenyamanan, kerapihan maupun kebersihan kamar yang akan digunakan oleh jamaah.

Setelah dilakukan pengecekan oleh tim handling hotel, maka Tour Leader atau Muthowif akan membagikan kunci kamar sesuai dengan paket yang dipilih olhe jamaah.

Biaya Catering dan Makanan Ekstra
  • Makanan Catering

Hidangan makanan baik catering maupun full board adalah pelayanan yang akan diberikan oleh sebuah travel umroh. Pertimbangan untuk memilih travel yang menyediakan menu makanan Indonesia adalah sebuah keharusan.

Karena ketidaksesuaiaan menu yang disediakan akan memengaruhi selera makan jamaah, dan dapat mengakibatkan kurang semangat dalam beribadah. Disampng itu ketepatan waktu dalam menyajikan makanan juga harus diperhatikan.

  • Makanan Ekstra dan Snack

Travel umroh juga akan menyediakan makanan ekstra maupun snack selama dalam perjalanan ziarah, baik ziarah dalam kota maupun zaiarah ketika keluar kota (misalnya ke Thaif). Selain itu menjelang sekembalinya ke Tanah Air menuju bandara Jeddah/Madinah, makan siang/malam dalam box akan diperoleh oleh jamaah.

Biaya Ziarah
  • Ziarah Madinah Al Munawwaroh

Selama ibadah umroh, Anda akan dibawa berziarah keliling Kota Madinah dan sekitarnya dengan mendatangi beberapa situs bersejarah, diantaranya:

  1. Masjid Quba
  2. Jabal Uhud
  3. Kebun Kurma
  4. Masjid Qiblatain
  5. Masjid Khondak

Disamping itu, jamaaah juga akan didampingi berkeliling di sekitar Masjid Nabawi untuk mengunjungi tempat-tempat istijabah dalam memohon doa, diantaranya:

  1. Ziarah Baqi
  2. Ziarah Makam Rasulullah SAW
  3. Museum Al-qur’an (Tentatif)
  4. Raudhah (Taman Surga)
  • Ziarah Mekkah Al Mukarromah

Selama di kota Mekkah, beberapa daerah atau lokasi bersejarah yang akan dikunjungi diantaranya adalah:

  1. Jabal Tsur
  2. Arafah
  3. Jabal Rahmah
  4. Muzdalifah
  5. Mina (Jamarat)
  6. Jabal Nur

Selain itu, biasanya sebuah travel umroh juga akan memberikan program tambahan untuk paket city tour maupun umroh reguler,  program ini adalah paket favorit bagi sebagain besar travel umroh di Indonesia, diantaranya:

  1. City Tour Thaif
  2. City Tour Hudaybiyah
  3. City Tour Tan’im
Pendamping Jamaah
  • Muthowif

Setiap Muthowif merupakan lulusan perguruan tinggi ternama di Timur Tengah khususnya Makkah dan Madinah, sehingga seluruh jamaah akan mendapatkan sebuah bimbingan maupun tausiyah agama selama perjalanan ibadah umroh berlangsung.

Uztadz/Muthowif merupakan pembimbing yang berpengalaman, dan memiliki wawasan agama yang sudah terstandarisasi. DIsamping itu  juga memiliki penguasaan medan dan lokasi selama melakukan bimbingan kepada setiap jamaah umroh.

Selama perjalanan ibadah umroh, maka jamaah akan didampingi oleh seorang Muthowif.

  • Muthowifah

Seorang muthowifah akan mendampingi dan memandu jamaah perempuan pada saat mengunjungi Raudhah di Masjid Nabawi, karena Raudhah hanya dapat dikunjungi pada jam-jam tertentu saja.

Biaya Transportasi dan Tips Pengemudi
  • Transportasi Bus

Selama perjalanan di kota suci, travel umroh akan mempersiapkan armada transportasi Bis AC dengan produksi terbaru (2018 – 2019). Untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah, Bis yang biasa disediakan telah memiliki fasilitas seperti AC, system audio, Toilet, dan charger, yang merupakan fasilitas bus yang akan diperoleh jamaah.

  • Tips Muasassah dan Supir Bus

Selama perjalanan ibadah di Tanah Suci, Jamaah sudah tidak perlu lagi memberikan tips kepada supir bus. Karena tips sudah termasuk dalam harga paket umroh yang ditawarkan oleh sebuah biro perjalanan umroh. Sehingga selama di Tanah Suci, jamaah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan kepada petugas.

Biaya-biaya Lainnya
  • Air Zamzam 5 Liter

Harga umroh yang ditawarkan sudah termasuk air zamzam sebanyak 5 Liter untuk setiap jamaah yang sudah dikemas rapi. Air zam-zam akan diberikan sesampainya di Tanah Air.

  • Administrasi Fee Travel Umroh

Biaya Administrasi yang dikeluarkan pihak agen perjalanan untuk memberangkatkan jamaah sangatlah banyak, disamping itu memerlukan juga biaya transportasi ke beberapa kantor untuk mengurusi surat rekomendasi Kemenag, mengajukan pembuatan paspor jamaah di Imigrasi, porses penerbitan visa di Kedubes, mengelola ticketing di maskapai, dan lain sebagainya.

Jadi umumnya biro perjalanan umroh akan menambahkan biaya administrasi dan jasa sekaligus sebagai margin keuntungannya. Jika dihitung kotor dengan administrasi, komisi yang diambil biasanya rentang 5-15% dari biaya paket. Tentunya hal itu hanya perkiraan saja.

Perbandingan Ongkos Paket Umroh

Biaya paket umroh 2020 pada umumnya memberikan penawaran harga yang berbeda-beda tergantung fasilitas dalam paket umroh tersebut.

Banyak sekali biro travel ibadah haji dan umroh menawarakan harga umroh murah, bahkan dibawah standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Akan tetapi, sebaiknya Anda harus bersikap waspada dan jangan cepat tergiur dengan harga umroh murah yang ditawarkan oleh biro travel tersebut.

Jangan sampai rencana berangkat ibadah umroh Anda menjadi gagal, dan uang Anda hilang tak berbekas.

Untuk menjadi rujukan, berikut adalah beberapa perbandingan harga paket umroh yang dapat dijadikan referensi.

Biaya Paket Umroh Reguler

Paket Reguler adalah adalah paket perjalanan umroh standar berfokus pada ibadah, yaitu hanya meliputi perjalanan umroh ditambah dengan city tour dalam kota Makkah dan kota Madinah saja.

Lama perjalanan dalam paket umroh reguler umumnya hanya berdurasi 9 hari saja. Tetapi ada pula travel umroh yang menawarkan perjalanan umroh dengan durasi perjalanan umroh antara 10 sampai dengan 16 hari.

Harga biaya paket umroh ini berkisar antara Rp20 juta hingga Rp27, juta tergantung biro perjalanan umroh dan fasilitas yang Anda pilih dalam penawaran paket umroh tersebut.

Biaya Umroh Plus Turki

Turki adalah salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi. Di negara ini, Anda dapat melihat  banyak tempat yang memiliki sejarah tentang kejayaan Islam, disamping itu Turki juga memliki lokasi wisata  yang menarik untuk dikunjungi karena keunikannya.

Paket umroh yang paling banyak ditawarkan oleh beberapa agen umroh adalah Paket Istanbul City Tour. Dalam paket ini, jamaah umroh akan diajak berkeliling lokasi wisata di sekitar kota Istanbul selama sekitar lebih kurang 10-12 jam. Biasanya dilaksanakan sebelum ibadah umroh.

Harga Umroh Paket Istanbul City Tour bisa dibanderol dengan harga antara 24-28 juta.

Paket lainnya yang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia adalah program umroh dengan bermalam dan menikmati negara Turki dalam paket perjalanan umroh selama 3 hari 2 malam. Selain menjelajahi kota Istanbul, paket ini juga akan membawa Anda menuju kota-kota lain di Turki, seperti Bursa, Cappadocia, dan kota - kota wisata lainnya di Turki.

Tarif umroh yang ditawarkan untuk paket ini biasanya berkisar antara Rp. 30 hingga 40 juta.

Biaya Umroh Plus Dubai

Dubai adalah salah satu negara ke-Emiran yang tergabung dalam negara Uni Emirat Arab bersama dengan 6 wilayah ke-Emiran lainnya.

Sebelum menjadi kota yang maju dan metropolitan seperti saat ini, Dubai dulunya adalah sebuah wilayah yang tandus dengan alam berupa gurun di sebagian besar wilayahnya.

Itirenary paket umroh plus ke Dubai, umumnya akan mengunjungi beberapa lokasi seperti: Burj Khalifa, Burj Al-Arab, Masjid Jumeirah, dan Palm Beach Atlantis. Kemewahan dan kemegahan bangunan yang ada di Dubai akan membuat Anda terpesona dan  perjalanan umroh akan semakin berkesan. Berapa biaya umroh plus Dubai yang harus Anda persiapkan? Untuk paket plus Dubai City Tour, dimana kunjungan di Dubai hanya berlangsung kurang dari sehari, maka biaya umroh dalam rupiah yang haris dipersiapkan adalah sekitar 25 hingga 28 Juta. Sedangkan untuk paket menginap selama 3 hari 2 malam, maka tarif umroh yang dapat dikenakan oleh agen travel berkisar antara Rp. 30 hingga 35 juta.

Paket Umroh Plus Thaif

Tahukah Anda dimana kota Thaif berada?

Kota Thaif adalah sebuah kota dimana Rasulullah melakukan dakwah diluar Mekkah untuk pertama kalinya. Kota ini dikenal sebagai kota yang indah dan sejuk, kota pusat hasil pertanian dan perkebunan, dan dapat dijangkau dari Mekkah selama kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan untuk menempuh jarak sekitar 60 mil. Kota Thaif termasuk dalam provinsi Mekkah, dan merupakan ibukota pengganti Riyadh ketika Arab Saudi memasuki musim panas. Kota ini berada pada ketinggian sekitar 1850 meter di atas permukaan laut.

Perjalanan Umroh Plus Thaif City Tour ini akan dilaksanakan di tengah-tengah perjalanan ibadah umroh, yaitu sekitar hari ke-4 atau hari ke-5. Anda dapat mengunjungi beberapa lokasi bersejarah, diantaranya adalah: Masjid Abdullah ibn Abbas, Masjid Alku’aa (Alkou), Masjid Al-Madhoun (kondisional), Istana Shoubra, Bendungan Ikrimah, Kebun mawar Thaif, dan Pasar Buah & Sayur Thaif. Tarif umroh untuk menikmati kota Thaif dalam paket reguler 10 hari, biasanya pihak travel akan mematok harga di kisaran Rp. 25 sampai 28 juta. Disamping itu dalam paket ini Anda akan mendapatkan kesempatan menikmati ibadah 2 kali Sholat Jumat, masing-masing di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Paket Umroh Murah

Paket Umroh Murah Promo biasanya menjadi salah satu program umroh yang ditawarkan oleh biro umroh dengan tarif umroh yang lebih murah dari paket regular yang sudah ada.

Paket ini ditawarkan di momen-momen tertentu, misalnya menyambut Hari Kemerdekaan RI, Maulid Nabi, dll. Jumlah paket dan kursi umroh yang ditawarkan sangat terbatas. Salah satu Paket Umroh Murah yang ditawarkan oleh Alhijaz adalah Paket Umroh Promo Bintang 5 dengan harga umroh sebesar Rp.25,9 juta.

Paket umroh ini biasa ditawarkan di harga 32 jutaan, namun untuk momen tertentu paket ini akan ditawarkan di harga umroh yang lebih murah dari pada biasanya.   

Mengapa biaya paket umroh tersebut bisa menjadi sangat murah, salah satunya dapat disebabkan karena pihak Maskapai memberikan program tiket promo dengan harga murah kepada pihak travel. Dan seperti diketahui, tiket pesawat adalah biaya dengan komponen terbesar dari suatu perjalanan umroh. Jika tiket promo bisa didapatkan, maka biayanya bisa ditekan dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Umroh Murah 2020 Promo BIntang 5
Paket Umroh Murah Bintang 5 Tahun 2020

Umroh Promo dengan harga murah juga bisa didapatkan pada program di bulan-bulan tertentu, misalnya program menyambut bulan Sya’ban, atau bulan Syawal, dsb. Sehingga jika Anda ingin berangkat umroh dengan Biaya yang lebih Murah, maka tanyakanlah langsung kepada agen marketing kami.

Umroh-Murah-Maret-2020
Paket Umroh Murah Sya'ban

PAKET UMROH RAMADHAN

Ongkos Umroh pada saat bulan Ramadhan akan mengalami kenaikan , disebabkan tingginya permintaan jamaah seluruh dunia untuk menjalankan ibadah ramadhan di Tanah Suci.

Istilah DALAM PAKET UMROH ALHIJAZ
Apa yang dimaksud Paket Umroh Promo ?

Istilah umum yang sering digunakan oleh Travel Umroh adalah pemberian nama paket umroh promo pada salah satu layanannya. Paket promo ini biasanya menawarkan harga All-In, yaitu harga yang ditawarkan adalah sudah termasuk keseluruhan biaya, termasuk Perlengkapan, Handling, Asuransi, dan Visa Umroh.

Apa yang dimaksud Paket Umroh Reguler?

Sedangkan untuk paket regular, disamping harga umroh yang ditawarkan, jamaah juga masih harus membayar biaya tambahan  untuk mendapatkan Perlengkapan, Handling, Asuransi, dan Visa, sebesar Rp.1,3 Juta.
Dikaitkan dengan rute perjalanan umroh (Itinerary), paket umroh regular adalah paket umroh dengan penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi (Jeddah/Madinah).

Mana lebih baik antara hotel bintang 3 dan bintang 5 dalam paket umroh kami?

Perbedaan layanan hotel bintang 3, 4, atau 5 di Tanah Suci bukan kepada fasilitas yang dimiliki oleh hotel tersebut, seperti fasilitas kolam renang, laundry, dll. Namun perbedaan penentuan kelas hotel tersebut lebih kepada perbedaan jarak antara hotel dan pusat ibadah d Tanah Suci (setidaknya ini adalah pendapat kami).
Hotel Bintang 5 biasanya ada di depan pelataran Masjidil Haram / Nabawi, atau di dalam  atau sekitar area ring 1.
Hotel Bintang 3 dan 4 berlokasi di dalam antara area Ring 1 dan 2.

Lokasi Jarak Hotel Umroh di Tanah Suci
Apakah yang dimaksud Paket Umroh Direct Flight ?

Paket Umroh Direct flight adalah paket umroh dengan penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi (Jeddah atau Madinah). Paket ini lebih menghemat waktu perjalanan,  sehingga dapat memaksimalkan ibadah dan dapat menikmati Tanah Suci lebih lama.
Kelebihan : Perjalanan penerbangan lebih hemat waktu, dan waktu ibadah di Tanah Suci lebih memuaskan.
Kekurangan : Namun demikian rute penerbangan direct flight biasanya lebih mahal dibandingkan rute transit flight.

Apa itu Paket Umroh Transit Flight ?

Paket Umroh Transit Flight adalah penerbangan ibadah umroh menuju Arab Saudi dengan terlebih dahulu transit (digabung dengna wisata) di salah satu negara, misalnya Turki, Dubai (Uni Emirat Arab), Oman, Mesir, Uzbekistan, Palestina (Aqso), bahkan Eropa, dan negara lainnya yang memiliki paket wisata halal.
Paket ini dikemas dalam paket umroh plus dengan pilihan paket city tour (hanya berwisata di suatu kota dalam sehari) atau paket umroh plus dengan bermalam di suatu negara selama beberapa hari. Paket umroh plus biasanya ditawarkan dengan harga lebih sedikit lebih mahal, karena sebuah biro umroh harus membayar biaya tambahan berupa Entry Visa dan transportasi, konsumsi, dan akomodasi kepada penyedia jasa wisata di negara transit.

Paket Umroh Transit Flight non wisata?

Transit Flight dalam paket lainnya adalah perjalanan umroh dengan transit di suatu negara terlebih dahulu tanpa program City Tour ataupun menginap. Paket umroh jenis ini biasanya menawarkan harga umroh yang lebih murah, karena pihak travel memanfaatkan tiket program promo dari suatu maskapai. Negara tujuan transit tanpa berwisata biasanya adalah Singapura, Malaysia, Philipine, Oman, Srilanka, Abu Dhabi, dll.
Dalam paket ini jamaah umroh diharuskan untuk menunggu beberapa jam di bandara transit sebelum melanjutkan penerbangan menuju Arab Saudi. Walaupun menawarkan biaya umroh yang lebih murah, namun ada kekurangan dari paket ini, yaitu biasanya lebih menimbulkan rasa lelah karena harus menunggu lama di negara transit, sehingga dapat menyebabkan waktu ibadah di Tanah Suci menjadi berkurang dan tidak maksimal.

Kelebihan :

  • Untuk beberapa paket promo umroh plus city tour, biasanya menawarkan harga yang lebih murah dan terjangkau (harga sudah All in termasuk biaya perlengkapan, asuransi, handling, dll).
  • Untuk paket city tour atau pun paket menginap, jamaah akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, karena sekaligus berwisata menikmati keunikan yang ada di negara transit.

Kekurangan :

  • Perjalanan penerbangan untuk sampai di Tanah suci akan lebih lama, khususnya untuk paket plus yang dilakukan sebelum umroh.
  • Untuk paket transit tanpa program city tour (hanya menunggu di bandara), jamaah akan mengalami kejenuhan.
Apa yang dimaksud paket Double, Triple, dan Quad ?
  • Paket Double adalah harga umroh untuk sekamar dengan 2 orang.
  • Paket Triple adalah harga umroh untuk sekamar dengan 3 orang.
  • Paket Quad adalah harga umroh untuk sekamar dengan 4 orang.

Tentunya harga paket umroh dengan jumlah orang lebih sedikit dalam satu kamar, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.

Tips:

Untuk Anda yang pergi umroh bersama pasangan Anda (hanya suami-istri) cobalah membeli paket umroh dengan kamar Quad, selain harganya lebih murah, di Tanah Suci anda akan mendapatkan pengalaman baru bersama teman-teman baru sekamar.

Pengalaman kami pada saat membawa jamaah umroh, pasangan yang menggunakan paket quad biasanya lebih mudah berbaur bersama jamaah lainnya, karena rasa canggung sudah cair saat di kamar masing-masing.

PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH PAKET UMROH
ALASAN JARAK

Jika Anda menginginkan jarak yang lebih dekat antara hotel dan pusat ibadah, maka pilihan paket umroh hotel bintang 4 atau 5 cocok untuk Anda. Pilihan paket ini dapat menunjang dalam memaksimalkan program ibadah Anda selama di Tanah Suci.

ALASAN MAKANAN

Jika pertimbangan utama Anda adalah Menu Makanan Indonesia, anda dapat pertimbangkan membeli paket umroh hotel bintang 3, dimana sebagian besar jamaah pada setiap perjalanan umroh biasanya memilih paket ini. Dalam paket ini biasanya jamaah akan dilayani oleh catering khusus dengan Menu Makanan Indonesia. Sedangkan untuk paket hotel bintang 5 menu makanan akan mengikuti paket full board dari hotel.

ALASAN KEBERSAMAAN DAN KEKELUARGAAN

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama jamaah, maka kami menyarankan untukmemilih paket umroh hotel bintang 3. Karena sebagian besar jamaah biasanya memilih paket ini dalam satu perjalanan umroh, dijamin Anda akan mengenal jamaahsatu sama lain dari seluruh Indonesia sehingga keakraban sesama jamaah akan terbangun dan memberikan kesan dan pengalaman umroh tersendiri.

Tips Mengumpulkan Biaya Umroh

1. Pilih paket sesuai kemampuan

Tentunya dalam menjalankan ibadah, kenyamanan adalah satu hal yang harus diperhatikan. Namun demikian, kenyamanan biasanya berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai Anda hanya mengejar kenyamanan ibadah, namun setelahnya Anda akan tersiksa karena tabungan terkuras atau bahkan masih harus menunaikan kewajiban hutang sepulangnya dari Tanah Suci. Pilihlah paket sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Paket Reguler atau paket umroh promo bisa dijadikan alternative pilihan Anda, karena biasanya menawarkan harga yang sangat terjangkau dengan durasi perjalanan umroh yang tidak terlalu lama, sehingga bisa menghemat uang Anda.

2. Mendaftar Umroh Jauh Hari sebelum Keberangkatan

Beberapa pengalaman kami sebagai penyedia jasa perjalanan umroh, paket umroh plus turki adalah paket yang paling diminati. Paket tersebut paling banyak dipesan jauh-jauh hari sebelumnya, dan biasa habis dipesan 2 bulan sebelum keberangkatan. Bahkan beberapa jamaah ada juga memesan perjalanan umrohnya 4 bulan sebelumnya.

Menurut hemat kami, jamaah yang telah memesan paket umroh jauh-jauh hari, mereka memiliki perencanaan yang matang dalam melaksanakan ibadahnya. Beberapa pertimbangan yang mereka jadikan alasan adalah :

  • Lebih terencana dalam melengkapi syarat administrasi (passport & buku kuning suntik meningitis)
  • Mempunyai waktu yang cukup untuk memahami fiqih umroh
  • Masih banyak alternative pilihan paket umroh yang dapat diambil, sehingga lebih leluasa dalam memilih waktu dan jadwal keberangkatan yang tepat
  • Perencanaan cuti kantor untuk persiapan yang lebih baik
  • Lebih leluasa dalam mempersiapkan biaya keberangkatan umroh

Bagi Anda yang mampu secara finansial dan tidak memiliki hambatan keuangan, walaupun ongkos umroh untuk paket high season lebih mahal dibandingkan paket lainnya, akan tetapi paket tersebut biasanya sudah habis terjual 2-3 bulan sebelum hari keberangkatan.

Paket yang tergolong high-season adalah Paket Umroh Plus Turki (terutama paket liburan Desember), dan Paket Umroh Ramadhan. 

3. Menabunglah dengan Emas (Logam Mulia)

Tahukan Anda bahwa nilai emas dari jaman dulu sampai sekarang tetap bernilai sama. Kenaikan harga umroh beberapa tahun lalu dan sekarang, jika dibandingkan dengan nilai emas, maka nilainya tidak akan jauh berbeda.  Ini karena nilai emas yang tetap stabil dari masa ke masa, tidak memperhatikan adanya tingkat inflasi dan fluktuasi instrument keuangan lainnya.

Anda dapat menjaga daya beli Anda dengan menabung emas. Coba saja Anda buktikan sendiri.

Fluktuasi Harga Emas
Fluktuasi Harga Emas 3 Tahun Terakhir = 35%

Kapan saat yang tepat membeli emas :

  • Pada saat mata uang rupiah menguat terhadap dollar, biasanya harga jual emas akan menurun.
  • Jika ekonomi global tidak stabil, maka harga emas diprediksi akan naik. Jadi belilah emas pada saat ekonomi global sedang stabil.
  • Membeli secara rutin tanpa memperhatikan penurunan atau kenaikan, karena secara tren jangka panjang, nilai emas selalu mengalami kenaikan.

Jangan menggunakan Lembaga Pembiayaan (Dana Talangan) untuk Mendaftar Umroh

Walaupun hal ini masih menjadi pro-kontra, namun kami lebih menyarankan bagi Anda yang saat ini ingin mengumpulkan dana umroh, lebih baik menabung dengan membeli emas. Daripada anda berangkat umroh dengan berhutang.

Seperti kami sebutkan diatas, dengan menabung emas, Anda dapat menjaga daya beli, termasuk mampu membayar tarif paket umroh ketika emas sudah terkumpul dan mencukupi untuk dikonversi menjadi uang.

Perbandingan Kenaikan
Biaya Umroh VS Harga Emas

Kenaikan Harga Paket Umroh 3 Tahun Terakhir
Biaya Umroh 2020
Biaya Umroh 2017-2020 = 20.05%

Kenaikan Harga Emas 3 Tahun Terakhir

Kenaikan Harga Emas
Harga Emas 2017-2020 = 35,83%
Kenaikan Biaya Umroh
% Kenaikan Emas dan Harga Umroh

Dengan asumsi diatas, jika Anda sudah punya dana untuk ongkos umroh di tahun 2017 sejumlah Rp.21,2 juta, namun Anda belum memiliki uang saku untuk membeli oleh-oleh di Tanah Suci, maka alternatifnya dapat dibelikan logam mulia terlebih dahulu. Dengan harga 508.00 per gram, maka Anda akan mendapatkan  sekitar 41 gram emas.

Jika di tahun 2020 emas tersebut dijual di harga 690 ribu per gramnya, maka uang yang akan diterima adalah sebesar Rp.28,8 juta. Sedangkan tarif umroh tahun 2020 sesuai table diatas adalah sebesar Rp.25,45 juta. Ini artinya Anda akan mendapatkan tambahan uang saku sebesar Rp.3,35 juta. Lumayan kaaannnn ??

FAQ

Berapa Biaya Umroh 2021 2022 dan perkiraan kenaikannya?

Biaya umroh tahun 2021 2022 yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah sepertinya akan mengalami kenaikan ongkos umroh sebesar Rp.3-5 juta dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menyebabkan tarif biaya umroh di tahun 2021 2022 2023 2024 2025 dan tahun-tahun berikutnya paling murah sebesar Rp.25 juta, berlaku untuk paket umroh reguler 9 hari.

Berapa Biaya Umroh untuk 2 orang Paket Umroh Reguler Bintang 5 ?

Untuk normal season (bukan musim liburan), biaya untuk paket bintang 5 dan sekamara 2 orang, tarif umroh berkisar antara Rp.32-34 Juta/orang.

Berapa Biaya Umroh paling murah untuk Paket Bintang 5 dari Alhijaz ?

Di bulan Februari 2020, Alhijaz pernah menawarkan Paket Umroh Bintang 5 dengan durasi perjalanan umroh selama 9 hari dimulai dengan harga Rp. 24,7 juta untuk paket sekamar ber-4.

Berapa Biaya Umroh paling murah untuk Paket Umroh Plus Thaif?

Dengan pilihan paket hotel bintang 3 dan durasi perjalanan 10 hari, Anda cukup membayar Rp.22,9 Juta. Dalam paket ini Anda akan mendapatkan bonus 2X Sholat Jumat dan berkesempatan untuk melakukan Ibadah Umroh 3X selama di Tanah Suci. Dan yang paling berkesan, Anda akan dibawa city tour menuju kota Thaif.

Apakah seluruh biaya umroh dibayarkan dalam rupiah ?

Ya, karena kami ingin memberikan kepastian harga untuk calon jamaah. Fluktuasi kenaikan nilai tukar tidak akan dibebankan kepada Anda

Cara Mendapatkan Diskon Umroh:

  • Silahkan pilih paket umroh yang Anda rencanakan, baik paket umroh plus, umroh promo, maupun paket umroh reguler.
  • Rencanakan jadwal keberangkatan umroh Anda.
  • Setelah itu, bertanyalah kepada agen kami tentang informasi program diskon umroh untuk paket yang Anda rencanakan. Karena biasanya program tersebut hanya diketahui oleh agen kami.
  • Agen kami akan membantu menghitung total jumlah biaya yang harus dibayar setelah dikurangi dengan diskon.

Berapa Biaya Umroh 2021

Biaya Umroh 2021 akan sangat dipengaruhi oleh perubahan nilai tukar, dimana sekitar 70%-nya dari total biaya pelaksanaan ibadah sebagian besar harus dibayarkan dalam USD.

Disamping itu, pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 juga akan mempengaruhi kebijakan Kerajaan Saudi Arabia dalam syarat-syarat pelaksanaan ibadah umroh, diantaranya:

  • Persyaratan bagi calon jamaah untuk melakukan test PCR sebelum melakukan perjalanan ke Tanah Suci. Seperti diketahui bahwa biaya test PCR yang dikenakan oleh rumah sakit di Indonesia pada saat ini adalah berkisar antara Rp.3-4 Juta.
  • Kemudian adanya perubahan kebijakan jumlah hunian per kamar dengan maksimal 2 orang/kamar, dimana sebelumnya 4 kamar/orang masih diperbolehkan, maka hal ini juga akan mengakibatkan biaya umroh yang harus ditanggung jamaah menjadi lebih tinggi.
  • Pembatasan-pembatasan lain terkait dengan penerapan protokol kesehatan seperti pembatasan kapasitas jumlah penumpang pesawat yang digunakan menuju Tanah Suci, dan pembatasan kapasitas penumpang bus.

Sehingga apabila kebijakan tersebut diatas diterapkan, maka nantinya akan berpengaruh dalam kenaikan biaya umroh secara keseluruhan. Kedepaannya di masa "New Normal", tahun 2021 2022 2023 2024 2025 dst., kemungkinan harga umroh untuk paket reguler minimal adalah sebesar Rp.25-28 Juta.

Biaya Umroh 2021
Biaya Umroh 2022
Biaya Umroh Murah
Berapa Biaya Umroh
Berapa Biaya Umroh 2021
Berapa Biaya Umroh 2022

2 Replies to “Berapa Biaya Umroh Termurah 2021 dan Berapa Juta Total Harga Umroh yang harus dipersiapkan untuk tahun ini ?”

Komentar ditutup.