Keutamaan Umroh Ramadhan

Keutamaan Umroh Rmadhan

Keutamaan Umroh Bulan Ramadhan menurut Hadits Rasulullah SAW

Keutamaan Umroh Bulan Ramadhan menurut Hadits Rasulullah SAW

Salah Satu Keutamaan Umroh Ramadhan adalah senilai dengan Ibadah Haji

Bukhari (1782) dan Muslim (1256) telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata:

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada seorang wanita dari kalangan Anshar. “Apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami?” Dia berkata, “Kami hanya punya dua onta, yang satu dibawa oleh bapak dan anaknya, yang satu lagi kami gunakan untuk menyiram kebun.” Maka nabi berkata,”Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan haji.” Dalam riwayat Muslim, “Sama dengan menunaikan haji bersamaku.”

“Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku.” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Keutamaan Umroh di bulan Ramadhan menurut Hadits Riawayat Bukhari adalah sebagai Penghapus Dosa dan Diterimanya Ampunan

“Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga.” (HR. Bukhari)

Dari Abu Huraira, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda “Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Umroh di Bulan Ramadhan dapat Menghilangkan Kemiskinan

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Dari Jabir bin ‘Abdillah “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah,. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani).

Sholat di Masjid Quba sama dengan pahala umroh

Jika umroh di bulan Ramadhan, maka hendaknya menyempatkan diri untuk sholat di mesjid Quba karena pahalanya sama dengan pahala umroh, sebagaimana dalam Q.S. At Taubah: 108;

Artinya: “Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih’.

Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam bersabda: “Barang siapa telah bersuci (berwudlu) di rumahnya. kemudian mendatangi masjid Quba, lalu shalat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umrah.” (Sunan Ibn Majah)

Riwayat Hadits Lainnya

“Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.” (HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50 dan Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1887.

Untuk mendapatkan keutamaan umroh ramadhan, Anda dapat memesan paket umroh ramadhan 2020 dengan harga murah dan terjangkau bersama Alhijaz Indowisata. Atau silahkan klik brosur dibawah ini :

Paket Umroh Ramadhan 2020

Umroh Ramadhan
Keutamaan Umroh di bulan Ramadhan
Keutamaan Umroh bulan Ramadhan
Hadits Umroh di bulan Ramadhan
Fadhilah Umroh Ramadhan

Wanita Umroh Tanpa Mahram, bagaimana hukumnya ?

Hukum Wanita Umroh Tanpa Mahram

Wanita Umroh Tanpa Mahram

Bagi umat Islam yang sudah mampu disunahkan untuk melakukan ibadah umroh ini. Umrah adalah mengunjungi tanah suci atau Baitullah agar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tentunya ibadah umroh ini harus  memenuhi syarat tertentu yang telah ditetapkan, sedangkan waktunya boleh dilakukan kapan saja.

Continue reading “Wanita Umroh Tanpa Mahram, bagaimana hukumnya ?”

Syarat Umroh Bagi Wanita

Syarat Umroh Bagi Wanita

Syarat Umroh bagi Wanita yang berniat untuk menjalankan ibadah umroh, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Syarat Umroh wanita yang masih berusia di bawah 45 tahun, tidak diperkenankan umroh tanpa didampingi mahramnya. Ini sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi yang telah menetapkan bahwa wanita di bawah usia 45 tahun harus didampingi mahramnya, seperti suami, ayah, atau saudara laki-lakinya yang berusia di atas 17 tahun.
Continue reading “Syarat Umroh Bagi Wanita”