/* */

Pengalaman dan Profesional, Ini Daftar Travel Haji Plus Resmi di Kemenag

Pengalaman dan Profesional, Ini Daftar Travel Haji Plus Resmi di Kemenag

Daftar Travel Haji Resmi – Travel haji plus yang terdaftar resmi di Kemenag  dituntut untuk selalu meningkatkan layanan dan profesionalitasnya. Banyak kasus yang menimbulkan kerugian bagi calon jamaah haji disebabkan oleh travel haji plus yang tidak resmi turut serta memberangkatkan jamaah dengan menggunakan visa haji tidak resmi.

Menjamurnya travel haji tidak resmi juga dipengaruhi oleh masa tunggu antrian haji yang panjang. Sehingga ada sebagian kecil masyarakat yang ingin mendapatkan jalan pintas untuk pergi haji lebih cepat  dengan tanpa mengindahkan ketentuan yang berlaku. Misalnya dengan menggunakan visa ziarah.

Namun sebagian besar masyarakat lainnya menyadari bahwa berangkat haji dengan mendaftar ke travel haji plus tidak resmi dan terdaftar di Kemenag akan berpotensi memberikan resiko kerugian.

Kesadaran tersebut menyebabkan sebagian masyarakat untuk mempertimbangkan pergi haji dengan program haji khusus atau dulu disebut haji plus. Masa tunggu antrian dalam program haji khusus ini lebih pendek, yang berkisar antara 6-8 tahun.

KUOTA HAJI PLUS INDONESIA

Dalam data kuota haji yang diberikan untuk haji khusus adalah sebesar 8% dari kuota haji untuk pemerintah Indonesia yang di tahun 2024 ini sebesar 231.000 jamaah. Ini artinya kuota keberangkatan haji plus ini adalah sebesar 18.480 jamaah termasuk didalamnya adalah petugas haji khusus.

Jika antrian dalam haji regular ditentukan kuotanya berdasarkan wilayah kota/kabupaten/provinsi, maka antrian haji plus ditentukan sesuai nomor urut porsi secara nasional. Ini adalah salah satu penyebab mengapa antrian haji regular di tiap masing-masing wilayah berbeda-beda, karena tergantung jumlah penduduk muslim tiap daerah.

Kehadiran program haji plus memberikan alternatif bagi calon jamaah yang ingin menunaikan haji lebih cepat. Dan oleh karena fasilitasnya yang berbeda, menyebabkan biaya haji plus ini lebih mahal dari haji reguler.

Lihat juga :  Daftar Tunggu Haji 2024, Estimasi Waiting List Keberangkatan Haji Kemenag

DAFTAR TRAVEL HAJI PLUS RESMI KEMENAG

Mengelola layanan dan fasilitas haji plus dengan kuota yang cukup besar tentu membutuhkan kemampuan dan sumberdaya yang pengalaman serta professional.

Masyarakat dapat mengakses sites resmi Kemenag untuk mengetahui daftar travel haji plus resmi kemenag yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan ibadah haji khusus. Ada lebih dari 500 travel haji plus terdaftar dari berbagai kota.

Alhijaz Indowisata sebagai salah satu travel haji yang berdiri sejak tahun 2000 adalah salah satu travel haji plus yang telah terdaftar dan mendapatkan izin resmi  Kemenag. Bahkan di tahun 2023 yang lalu Alhijaz Indowisata telah  mendaftarkan calon jamaah haji khusus sebanyak 1465 orang. Jumlah ini adalah yang terbanyak diantara seluruh travel yang terdaftar sebagai penyelenggara haji khusus di Indonesia.

Daftar Travel Haji Plus Resmi Kemenag

Daftar Travel Haji Plus Kemenag

Agar dapat terhindar dari kerugian, Anda dapat melakukan pengecekan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau Travel Haji Khusus yang telah terdaftar dan mendapatkan izin resmi dari Kemenag melalui halaman web berikut : https://simpu.kemenag.go.id/home/pihk

CARA MENDAFTAR HAJI PLUS

Prosedur mendaftar haji plus sangatlah mudah dan cepat. Pihak travel haji khusus (PIHK) akan siap membantu karena mereka yang akan melayani Anda mulai dari menyetorkan uang pendaftaran ke BPKH sampai mendaftarkan ke Kemenag, dan keberangkatan selama di Tanah suci.

Mendaftar haji plus ke penyelenggara haji resmi kemenag dapat dilakukan secara Online maupun Offline.

Jika Anda ingin mendaftar secara langsung (Offline) berikut adalah alur pendaftaran haji plus yang dapat dilaksanakan:

  1. Memilih paket haji khusus di travel haji yang diinginkan
  2. Menyerahkan dokumen persyaratan
  3. Menyetorkan Uang Pendaftaran Haji Khusus ke rekening bank milik travel haji (sekitar $US4500)
  4. Pihak travel haji menyetorkan ke Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS BPIH)
  5. BPS BPIH memberikan bukti setoran awal yang berisi Nomor Validasi
  6. Pihak travel haji membawa bukti setoran awal dan persyaratan dokumen lainnya ke Kanwil Kemenag Provinsi
  7. Kantor Wilayah Kementerian Agama menerbitkan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) yang berisi Nomor Porsi
  8. SPPH dan dokumen terkait lainnya akan diberikan ke calon jamaah haji sebagai bukti calon jamaah sudah terdaftar
Lihat juga :  Cara Pindah Travel Haji Khusus, Simak Proses & Syaratnya!

Beberapa kelebihan yang dapat diperoleh oleh calon jamaah yang mendaftar pergi haj dengan program haji khusus, diantaranya :

  1. Seluruh proses pendaftaran ke Kemenag dilakukan oleh travel haji
  2. Masa tunggu haji khusus lebih cepat, yaitu sekitar 6-8 tahun
  3. Layanan akomodasi hotel dan konsumsi lebih baik
  4. Jarak hotel di Mekkah dan Madinah, serta Maktab di Mina lebih dekat dengan pusat ibadah
  5. Durasi pelaksanaan lebih singkat, biasanya sekitar 20-25 hari
  6. Pelayanan dari travel haji lebih eksklusif dan personal, serta sangat memperhatikan kebutuhan jamaah

Bahkan saat ini ada acara yang lebih mudah untuk daftar haji khusus yaitu dengan Mendaftar Haji Plus Secara Online. Anda tidak akan direpotkan untuk mendatangi lokasi kantor travel haji maupun kantor Kemenag, sehingga waktu berharga Anda akan semakin bermanfaat. Untuk Cara Daftar Online Haji Plus silahkan menghubungi kami.

Demikianlan cara daftar haji di travel haji plus resmi Kemenag, semoga kita semua dimudahkan untuk pergi ke Tanah Suci.

error: Dapatkan DISKON UMROH Menarik!!
WhatsApp chat