Tips Sebelum Berangkat Umroh

Tips Sebelum Berangkat Umroh

Sebelum berangkat umroh ke Tanah Suci sebaiknya diperlukan suatu persiapan bagi kita agar ibadah dapat lebih maksimal. Karena umroh merupakan perjalanan terbaik dari kehidupan seorang Muslim, dan jutaan Muslim lainnya dari seluruh penjuru dunia melakukan perjalanan suci ke Ka’bah setiap tahunnya. Dalam artikel ini, kami memberikan Tips Sebelum Berangkat Umroh kepada Anda yang berniat untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci. 

Sebelum Berangkat Umroh – Persiapkan Perlengkapan Dengan Baik

1  Siapkan daftar barang-barang yang perlu dibawa.

Tips sebelum berangkat umroh yang pertama adalah harap diingat bahwa Umrah bukan kegiatan rekreasi dan Anda akan berangkat ke negeri asing. Anda harus membuat daftar barang seperti pakaian, Ihraam, perlengkapan mandi, sandal, obat pribadi, dll. dan membelinya dengan baik sebelum keberangkatan. Anda dapat berkonsultasi dengan orang teman seperjalanan untuk daftar barang yang harus Anda bawa. Dalam beberapa hal, barang keperluan sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah di Tanah Suci.

Siapkan daftar periksa (check list) tentang apa saja yang perlu Anda bawa untuk Umroh.

Tips Sebelum Berangkat Umroh

2. MembawaTas Umroh yang Baik dan Berkualitas

Tips sebelum berangkat umroh yang berikutnya adalah mengenai Tas/Koper Umroh. Tas umroh haruslah memiliki kualitas kekuatan dan kemanan yang baik, terutama dalam hal ristletingnya, pastikan dapat dibuka tutup dengan baik dan dapat mengunci/dikunci. Kerusakan ristleting dapat mengganggu perjalanan anda.

Tips Sebelum Berangkat Umroh
Tas Umroh Alhijaz Indowisata

Penanganan tas bagasi di bandara sangat kasar, oleh karena itu kekuatan tas umroh haruslah diperhatikan. 

Dalam beberapa kasus, petugas bandara dapat memeriksa/membongkar isi tas anda untuk mencari adanya air zamzam yang coba dimasukkan dalam tas jamaah.

Jangan lupa membeli gembok tas, yang digunakan untuk mengunci kepala risleting tersebut. Jika perlu membawa sabuk pengikat tas yang dapat dilingkarkan mengelilingi tas, untuk mengantisipasi kerusakan ristleting.

Tips Sebelum Berangkat Umroh

3. Timbang Bagasi Anda

Timbanglah bagasi Anda, setelah semua keperluan umroh sudah dimasukkan ke dalam tas umroh. Semua maskapai penerbangan memiliki aturan batas bagasi dan Anda mungkin akan dikenakan biaya untuk setiap tambahan berat. Anda dapat menyisakan sedikit ruang dalam tas anda agar dapat digunakan sebagai tempat oleh-oleh bagi keluarga.

Dalam beberapa kasus, terlalu banyak membeli oleh-oleh berupa makanan akan membuat bagasi Anda bertambah berat.

Lihat juga :  Paket Umroh Murah Promo 2019
Tips Sebelum Berangkat Umroh
Timbangan Portable

Jika diperlukan belilah Timbangan portable, dapat digunakan untuk kembali mengukur berat tas Anda ketika akan pulang dari Tanah Suci.

Tips Sebelum Berangkat Umroh

Sebelum Berangkat Umroh – Dokumen dan Kumpulan Doa

4. Menyimpan copy dokumen Pasport – Visa dan dokumen lain.

Menyimpan copy dokumen dalam bentuk fotocopy atau file softcopy (pdf) yang disimpan dalam Handphone anda, merupakan antisipasi yang baik atas segala kemungkinan kehilangan dokumen selama perjalanan umroh Anda.

Anda dapat men-scan atau memfoto dokumen tersebut dengan menggunakan Handphone.

Tips Sebelum Berangkat Umroh

5. Buatlah buku kecil kumpulan doa ringkas

Setiap travel Umroh-Haji akan memberikan sebuah buku kecil berisi kumpulan doa yang dapat dibaca selama perjalanan umroh. Buku kecil tersebut biasanya berisi doa-doa yang sangat lengkap dan tebal, karena akan terdiri dari Doa dalam tulisan Arab, Doa dalam tulisan latin, dan arti doa tersebut dalam Bahasa Indonesia.

Tentu saja anda tidak perlu menghapalkan seluruh doa-doa tersebut.

Sebagai gantinya Anda dapat membeli atau membuat sendiri buku kecil berisi doa ringkas, yang hanya terdiri dari huruf Arab dan arti dalam Bahasa Indonesia (untuk lebih memahami isi doa). Pilih doa-doa sunnah yang akan anda baca selama di tempat-tempat yang mustajab, jika perlu hapalkan.

Buat doa untuk diri sendiri, keluarga, orang tua, orang lain/teman, dan untuk seluruh umat Islam. Anda akan diberkati pada saat berdoa di tempat mustajab. Manfaatkan tingginya kondisi spiritual pada saat itu dan buat banyak doa, Insha’Allah!

Untuk doa-doa selama ritual umroh, seperti thowaf dan sai, biasanya akan dibimbing oleh muthowif, dan kita tinggal mengikutinya.

Sebelum Berangkat Umroh – Pelajarilah Hukum Ibadah Umroh

6. Ikutilah Manasik Umroh-Haji

Travel Umroh-Haji akan selalu menyelenggarakan kegiatan Manasik Umroh sebagai persiapan keberangkatan. Jika anda tidak memungkinkan untuk hadir pada saat manasik, anda tetaplah mempelajari manasik dengan membeli CD manasik umroh.

Pelajari urutan lengkap perjalanan umroh,apa saja yang dilarang/diharamkan selama umroh dan pada saat memakai ihrom.

7. Mengetahui aturan Ihrom

Sangat penting untuk mengetahui batasan yang dibebankan pada saat Anda berihrom, sehingga Anda dapat mematuhinya dengan ketat. Memakai Ihram (untuk pria) agak sedikit rumit dan perlu latihan untuk menggunakannya dengan baik. Anda dapat mempelajari teknik mengenakan Ihram dari teman yang telah melakukan Umrah.

Lihat juga :  Rekam Biometrik Visa Umroh; Mudah dan Cepat

Anda memiliki banyak Batasan/larangan ketika Anda dalam kondisi Ihram. Setiap kelalaian dianggap sebagai pelanggaran serius dan tunduk pada berbagai jumlah”denda” tergantung pada tingkat pelanggarannya.

8. Pelajari tempat yang mustajab untuk berdoa dan tempat bersejarah lainnya

Meskipun sebagian besar paket Umrah Anda akan diatur oleh biro perjalanan Anda, tetapi tetap baik untuk membaca sebanyak mungkin infromasi tentang tempat-tempat penting di Mekah dan Madinah sehingga Anda dapat memiliki pengetahuan tentang itu ketika Anda sampai di sana.

Hal ini akan memberikan rencana fleksibel bagi Anda untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya, karena travel umroh anda hanya akan membawa ke tempat-tempat sesuai paket perjalanan Anda.

Persiapan Sebelum Berangkat Umroh Lainnya

9.  Menghubungi Keluarga dan Saudara di Tanah Air

Lakukan komunikasi dengan keluarga atau saudara selama di Tanah Suci. Hal yang perlu diingat adalah terdapat selisih waktu antara Indonesia dan Arab Saudi sekitar4-5 jam lebih dulu di Indonesia. Sehingga waktu yang tepat untuk menghubungi mereka adalah pada saat pagi hari (jam 7-8 waktu Arab) pada saat sarapan pagi, dan sore hari (jam 4-5 waktu Arab) setelah sholat Ashar. Atau pilihlah waktu yang tepat bagi keluarga Anda.

Harga paket data internet di Indonesia dan Arab Saudi tidak terlalu banyak berbeda. Anda dapat menggunakan paket data internet untuk melakukan voice call atau video call.

10. Tukarlah uang Riyal secukupnya saja

Anda mungkin perlu membeli sejumlah keperluan atau suvenir oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ini akan membutuhkan sejumlah uang. Jangan terlalu banyak menukarkan Riyal ditanah air, karena uang Rupiah pun dapat diterima selama di Mekkah-Madinah. Jika Anda tidak terlalu banyak membeli souvenir, selisih kurs nilai tukar tidak terlalu besar.

Kelebihan uang Riyal yang dibawa kembali keTanah Air tentunya harus ditukarkan kembali ke dalam uang Rupiah, yang biasanya nilai tukarnya akan merosot.

Semoga Tips Sebelum Berangkat Umroh ini dapat memberikan manfaat, dan Perjalanan Umroh Anda menjadi berkah dan diterima oleh Allah SWT. Aaaamiiinn !!!!

TIPS PERLENGKAPAN UMROH

TIPS DOKUMEN UMROH

One Reply to “Tips Sebelum Berangkat Umroh”

  1. untuk berpergian keluar negri , satu yang penting adalah alat komunikasi, persiapkan dengan baik alat komunikasi .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *