Syarat Umroh Bagi Wanita

Syarat Umroh Bagi Wanita

  • Bagi perempuan yang masih berusia di bawah 45 tahun, tidak diperkenankan umroh tanpa didampingi mahramnya. Ini sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi yang telah menetapkan bahwa wanita di bawah usia 45 tahun harus didampingi mahramnya, seperti suami, ayah, atau saudara laki-lakinya yang berusia di atas 17 tahun.
  • Wanita bisa pergi umroh tanpa mahram dengan surat keterangan mahram. Namun dalam praktiknya banyak halangan wanita bisa pergi umroh dengan mahramnya, seperti ayahnya sudah tiada, belum menikah, atau tidak memiliki saudara laki-laki. Oleh karenanya jamaah wanita bisa membuat surat keterangan mahram dengan bantuan travel umroh. Selain itu menurut pendapat seorang ulama, bahwa untuk menghindari fitnah jamaah wanita diperkenankan pergi bersama-sama dalam rombongan wanita.

Syarat Umroh Bagi Wanita

  • Wanita yang sedang berkabung atau dalam masa iddah tidak diperbolehkan melakukan umroh. Menurut para ulama Syafi’iyah, wanita dalam masa iddah, tidak diperbolehkan melakukan ibadah umroh ini. Dengan alasan, ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja, sehingga bisa menunggu masa iddah berakhir.

Demikianlah syarat umroh bagi perempuan, sekiranya bagi jamaah wanita yang ingin menunaikan ibadah umroh bisa memahami bahwa semua larangan dan anjuran dalam hukum Islam bertujuan untuk kebaikan umat Islam.

Baca : Hukum Wanita Umroh Tanpa Mahram

5/5 (1 Review)

2 Replies to “Syarat Umroh Bagi Wanita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *